Jumat, 22 Februari 2013

Kajian Ayat Kursi



AYAT KURSI
Rahasia Keagungan, Keutamaan, Riwayat, Keistimewaan dan Mukjizat serta Faedahnya
PENDAHULUAN
Berbiaca tentang ayat Kursi ini tentulah tidak asing lagi dalam khazanah pengkajian dan pengamalanya
Dalam bentuk amalan dzikir baik yang diramu dalam kesatuan bersama ayat-ayat dan surat-surat lain maupun yang secara khusus mengamalkan ayat Kursi ini sebagai amalan yang sering disebut sebagai amalan wirid.Bahkan dalam beberapa literature akan kita jumpai petunjuk tertulis  mengenai pengamalan ayat kursi yang diaplikasikan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan dalam kehidupan kita sehari-hari. Pun dalam khazanah keilmuan kita sering jumpai para ulama yang mengijazahkan amalan ayat kursi ini yang tentu saja lengkap dengan berbagai syarat dan tatacara pengamalanya sesuai
History atau riwayat Pengijazahan amalan tersebut secara turun temurun.
Baiklah dalam tulisan ini saya akan mencoba menghadirkan runtutan pengkajian tentang AYAT KURSI yang saya ambil dari berbagai literature.
1.KEAGUNGAN AYAT KURSI
 Rasulullah saw berkata kepada Abu Dzar; Hai Abu Dzar, perbandingan langit yang tujuh dan bumi yang tujuh
Dengan ayat kursi itu agaikan lingkaran yang diletakan dipadang luas. Bumi dan laangit ibarat lingkaran kecil dan ayat kursi adalah padang yng luas membentang tak berujung. Perbandingan langit yang tujuh digabung dengan langit yang tujuh dan kursi disatu sisi dengan Aryullah disisi lain bagaikan lingkaran ditengah padang luas. Keutamaan Arsyullah dengan Kursi seperti keutamaan padang luas dengan lingkaran kecil.
Imam  Ali bin Abi Thalib ra berkata ‘’ Kursi Allah adalah berlian dan pena ( kalam ) Allah juga berlian. Panjang pena sama dengan perjalanan 70 tahun dan panjang kursi tidak diketahui kecuali orang – orang yng diberi ilmu”.
Imam Ali bin Abi Thalib ra dalam kesempatan lain berkata ‘’ bahwa langit dan bumi beserta seluruh benda yang ada, berada dalam kursi ini, dan ada empat malaikat yang ditugaskan Allah untuk mengangkat kursi ini.
Muhammad Ridha Wafai dalam bukunya yang berjudul Dzikir Ayat Kursi menyebutkanKata ayat kursi
“KURSI”  berasal dari susunan huruf KAF,RA,SIN dan memilikiarti hubungan berbagai bagian dari suatu bangunan. “KURSI’’ juga memiliki arti singgasana atau tempat duduk.
Secara definisi bahasa “ARSY’’ memiliki arti ‘’KURSI’’.  Kursi digunakan untuk penggambaran bentuk lahir sedangkan Arsy lebih digunakan untuk bentuk pemahaman batiniah.
 2.KEUTAMAAN AYAT KURSI
Dari Rabiah bin Harist berkata Rasulullah saat ditanya ‘’ Wahai Rasul surat Al-Quran mana yang paling utama? Rasulullah saw menjawab “ surat yang didalamnya disebut Al Baqarah. Beliau ditanya lagi ‘’ ayat mana dari surat Al Baqarah yang paling utama ? “ Rasulullah saw menjawab “ Ayat kursi dan akhir surat Al Baqarah yang turun langsung dari bawah Arsy”.
Abu Dzar al-Ghifari bertanya kepada Rasulullah saw “Wahai Rasulullah ayat Al-Quran manayang paling mulia?’’ Rasulullah saw menjawab ‘’Ayat Kursi,langit dannn bumi jika dibandingkan dengan kursi bagaikan mangkok yang diletakan di padang tanah yang luas, dimana mangkoknya adalah langit dan bumi sedangkan padang tanahnya adalah ayat kursi.Seandainya langit dan bumi dan seluruh yang ada didalamnya dikumpulkan dan diletakan dalam satu sisi neraca dan disisi lain adalah ayat kursi tentu masih berat timbangan ayat kursi”.
3.RIWAYAT AYAT KURSI
Ketika ayat kursi ini diturunkan, Rasulullah saw bersabda “ Telah diturunkan sebuah ayat dari khazanah ARSY ILLAHI, sehingga membuat seluruh patung dan berhala yang ada ditimur dan barat terjatuh dan hancur,dan membuat iblis ketakutan dan berkata kepada kaumnya,” mala mini telah terjadi suatu peristiwa besar, kalian tetap tinggal disini dan aku akan pergi memeriksa penjuru barat dan timur bumi, untuk mengetahui apa yang terjadi. Iblispun pergi samapai akhirnya tiba di Madinah. Ia bertemu dengan seorang lelaki dan bertanya, “Apa yang telah terjadi semalam?” Lelaki itu menjawab, “Rasulullah saw bersabda bahwa telah diturunkan sebuah ayat daari khazanah arsy Illahi,yang membuat patung dan berhala diseluruh dunia terjatuh dan hancur”. Iblispun kembali dan menyampaikan berita ini kepada kaumnya. Rasulullah saw bersabda ,”Bila yat ini dibaca didalam sebuah rumah, setan tidak akan memasuki rumah itu selama tiga hari”.
Diriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda”Pada malam mikraj aku melihat dua lauh (papan). Pada papan pertama terdapat tulisan surah Al-fatihah, dan pada papan kedua terdapat tulisan seluruh ayat alquran. Dari kedua papan ini terpancar tiga cahaya. Lalu aku bertanya pada jibril,’Cahaya apa itu?’ Jibril menjawab,”Tiga cahaya itu, pertama cahaya surah Al-Ikhlas, kedua surah Yasin dan ketiga cahaya ayat Kursi”.
4.KEISTIMEWAAN AYAT KURSI
Ayat Kursi didalam keredaksiannya memuat unsur  ajaran ketauhidan tentang Dzatullah , Afalullah,dan Sifatullah. Didalam ayat ini kita dapati penjelasan tentang ALLAH,bahwa tiada Tuhan(yang berhak disembah) melainkan Dia.Allah hidup kekal tidak berkesudahan tidak berawal dan tidak berakhir dan secara terus menerus mengurus makhluk ciptaanya.Didalam mengurus mahluknya  ALLAH tidak pernah istirahat sehingga Allah tidak mengantuk dan tidak tidur.Allah maha memiliki, apa yang dimiliki Nya adalah seluruh yang ada dilangit dan dibumi atau alam semesta beserta seluruh isi yang ada didalamnya. Allah maha RAHMAN dan RAHIM. Dengan kasih sayangNya Allah akan membeerikan izin kepada siapa dan apa yang dikehendakiNya untuk memberikan syafaat atau pertolongan. Allah Maha Mengetahui sehingga Allah mengetahui segala sesuatu baik yang ada dihadapan kita dan dibelakang kita baik yang kita wujudkan dalam bentuk lahiriah maupun yang kita rahasiakan dalam hati kita. Tentu beda dengan mhluknya yang tidak dapat menjangkau ilmu Tuhan terkecuali apa yang dikehendakiNya. Allah Maha Kuasa. Kursi /Kekuasaan Allah meliputi langit dan bumi dan Allah tidak merasa berat untuk mengurus keduanya, Karenanya Allah Maha Tinggi dan Maha Besar keagungan dan kekuasaanNya.
Berbicara tentang keistimewaan atau sesuatu yang istimewa berarti membahas sesuatu yang lain daripada lainya, yang tentunya memiliki makna kekhususan dan kelebihan dan keutamaanya. Tentang keistimewaan ayat Kursi ini mari kita simak sabda Rasulullah saw kepada sahabat Ali bin Abi Thalib “Hai Ali penghulu manusia adalah Adam,penghulu bangsa arab adalah Muhammmad,penghulu bangsa Persia adalah Salman,peghulu bangsa Rum (Yordan,Palestina,Syiria dan Afgan)adalah Suhaib,pengulu bangsa Habbasyiah adalah Bilal,penghulu gunung adalah Thursina,penghulu pohon adalah Bidara,penghulu Bulan adalah Muharram,penghulu Hari adalah Jum’at,penghulu ucapan adalah Al-Quran,penghulu       Al-Quran adalah Ayat Kursi. Didalam Ayat Kursi ada 50 kata dan setiap kata ada 50 keberkahan                        ( HR Ad-Dailami)
5.MUKJIZAT AYAT KURSI
Rasulullah saw bersabda “ayat kursi adalah khazanah agung AR RAHMAN yang terletak dibawah ‘ARSY (KURSI) dan diturunkan kepadaku”. Allah berfirman ‘’Ayat yang agung dan penuh berkah ini Aku hadiahkan kepada para hambaKu”. Juga diriwayatkan bahwa saat ayat kursi ini diturunkan seribumalaikat turut mengantarkan ayat yang agung ini samapai tiba disisi Rasulullah Muhammad saw.
Rasulullah saw bersabda  ”Sesungguhnya ayat kursi tertulis pada selembar papan khusus yang terbuat dari batu zamrud hijau dan ditulis dengan tinta khusus pula.Demi Allah,jika seorang membaca pada hari jum’at,maka papan itu akan membuat dahi Isrofil bergetar,dan saat bergetar ia membaca tasbih seraya mengucapkan, ‘’Maha suci Dzat yang tidak patut disucikan kecuali Dia,Dia adalah Allah yang maha berkuasa, maha Esa, dan maha Mulia”.
Rasulullah saw  bersabda “ Barang siapa yng membaca ayat Kursiseusai shalat, maka ( bacaan itu ) akan membelah tujuh langit dan tidak akan tertutup kembali sehingga Allah memandang pembacanya dengan pandangan penuh rahmat dan mengampuninya, kemudian Allah mengutus malaikat untuk mencatat seluruh perbuatan baiknya dan menghapus seluruh perbuatan buruknya,sejak saat itu sampai esok hari”.
6.FAEDAH AYAT KURSI
Dari berbagai sumber tentang faedah dan manfaat mengamalkan ayat kursi pada jumlah-jumlah dan tatacara tertentu secara istiqomah (berketetapan keyakinan,terus menerus dan berkesinambungan) akan memberikan faedah danmenghadirkan  manfaat bagi kehidupan kita dalam artian yang sangat luas baik pada dimensi kehidupan lahiriah maupun batiniah. Dalam sajian tulisan ini saya akan mengemukakan berbagai faedah dan manfaat mengamalkan ayat kursi yng saya kutip dari berbagai sumber.
Ayat kursi dalam istilah lain juga disebut sebagai ayat Al-ISTIGHOTSAH yang berarti ayat Permohonan.
Tentang permohonan ini Allah SWT berfirman dalam surat Al-Anfal ayat 9 ”Ingatlah ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu,lalu diperkenankan-Nya bagimu.Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepadamu dengan 1000 malaikat yang datang berturut-turut.
Rasulullah saw bersabda “Allah berfirman “ Ayat yang agung dan penuh berkah ini Aku hadiahkan kepada hambaKu”. Karena itulah Rasulullah saw berpesan kepada para pengikutnya untuk member perhatian khusus dan membacanya, agar mereka meraih berbagai kebaikan dan berkah.
Diriwayatkan oleh Imam Hasan al Askari Rasulullah saw bersabda ‘’Barang siapa yang pada hari sabtu melakukan shalat empat rakaat dan pada seetiap rakaat membaca surat Al-Fatihah,surat Al-Ikhlas, dan ayat Kursi, maka Allah akan meninggikan derajatnya sampai pada derajat para nabi, derajat orang-orang yang memiliki keyakinan teguh, derajat para syahid,dan menjadi teman baik mereka’’.
Shahabat Ali bin Abi Thalib ra mengatakan “ Rasulullah saw memanggilku dan bersabda, ‘’Wahai Ali, bacalah ayat Kursi,karena pada setiap huruf dari ayat Kursi terdapat seribu berkah dan seribu rahmat, dimana dengan membacanya engkau akan mendapatkanya”.
Diriwayatkan bahwa ada seorang lelaki menemui Rasulullah saw dan mengadukan tidak adanya berkah pada apa yang ada dirumahnya. Rasulullah saw bersabda “ Kenapa engkau lalai membaca ayat Kursi? Jika suatu makanan dan lauk pauk dibacakan ayat Kursi, maka Allah swt akan menjadikan makanan dan lauk pauk tersebut penuh berkah”.
Diriwayatkan dari Imam Ja’far ash Shadiq, “Tatkala seorang mukmin masuk ke suatu pemakaman dan membaca ayat Kursi,dan pahalanya dihadiahkan kepada penghuni kubur, maka dari setiap hurufnya Allah swt menciptakan malaikat yang senantiasa bertasbih kepada Allah swt sampai hari kiamat. Dan Ia(sipembaca ayata kursi) diberi pahala enam puluh nabi. Selain itu, Alllah swt pada setiap kuburan yang ada di barat dan timur menyalakan empat puluh pelita dan meletakan di dalam kubur sehingga kubur mereka menjadi luas dan terang”.
Diriwayatkan oleh Imam Muhammad al Baqir berkata,”Barang siapa yang membaca ayat Kursi, maka Allah swt yang Maha Mulia dan Maha Perkasa akan menjauhkan darinya seribu keburukan dunia dan seribu keburukan akhirat. Keburukan dunia yang paaling ringan adalah kefakiran, dan keburukan akhirat yang paling ringan adalah siksa kubur”.
Diriwayatkan oleh Abdullah bin Abi Ja’far berkata bahwa ia menderita suatu penyakit yang amat parah, dimana para dokter tidak mampu mengobatinya.Suatu malam disaat merasa kesakitan, ia berbicara di dalam hati untuk melakukan pengobatan dengan Al-Quran.Iapun membaca ayat Kursi dan meniupkan keseluruh tubuhnya,lalu iapun tertidur.Didalam mimpi,ia menyaksikan dua orang yng berdiri didepanya dan keduanya saling berbicara.”Lelaki ini telah membaca satu ayat dimana didalam ayat itu terdapat 365 rahmat,dan saat ini lelaki ini baru saja memperoleh satu rahmat dariNya” saya terjaga dari tidur dan mendapaati sakit saya telah sembuh”.
PENUTUP
Demikian rangkaian sajian saya tentang Rahasia Keagungan,Keutamaan,Riwayat,Keistimewaan dan mukjizat serta Faedah membaca dan mengamalkan ayat Kursi yang saya cuplik dari berbagai sumber literature. Mudah-mudahan memberikan kontribusi dalam menambah pengetahuan kita tentang ayat Kursi dan semoga dengan izin Allah swt menambahkan kefahaman kita akan ayat yang penuh dengan keberkahanNya ini. Biidznillah………..
Sebagaimana telah saya kemukakan diatas bahwa dalam khazanah keilmuan pengamalan ayat Kursi ada syarat dan tatacara yang telah dirangkum menurut history ataupun riwayat pengijazahan amalan tersebut sehingga dalam pengaplikasian amalan ayat Kursi untuk dan dalam kepentingan kehidupan kita sehari-hari baik untuk kebutuhan dalam dimensi lahiriah maupun kebutuhan dalam dimensi batiniah, kita mendapatkan bimbingan langsung dari Ulama,Kyai,Ajengan ataupun guru yng lebih memahami. Begitulah sebaik-baiknya kita belajar tentulah bila dalam bimbingan yang Ahlinya.
Akhirnya dalam bimbingan Ahlull ILMY dan senantiasa mengharap Karomah para Ahlull DZKRI marilah senantiasa kita Istiqomah dalam membaca, mengamalkan, dan mewiridkan ayat Kursi hingga kita dapat menggapai keberkahan yang Allah janjikan. Insya Allah…………
SUMBER REFFERENSI
Buku berjudul ZIKIR AYAT KURSI, Berkah,Khasiat dan Tatacaranya oleh Muhammad Ridha Wafa’I &  Nadir Muradi Paynawandi, penerbit Zahra.
Sayyid Kahyail mukasyafah99@ymail.com dalam komentarnya pada sebuah situs.
Dan sumber-sumber lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar